Sikap Menghargai Waktu


Assalammuailakum wr. wb.

Kembali lagi bersama saya, Dea. Pada postingan sebelumnya saya pernah membahas tentang “Cara Menghadapi Situasi dengan Pekerjaan yang Menumpuk dan Membosankan”. Kali ini, saya akan kembali akan memberikan bahasan tentang “Sikap Menghargai Waktu”.

Menghargai waktu adalah tidak melakukan suatu hal dengan secara sia-sia tanpa memanfaatkan waktu luang dengan baik. Contoh dari sikap menghargai waktu adalah mengerjakan ibadah sholat dengan tepat waktu. Selain dengan mendapatkan pahala yang lebih besar, kita tidak boleh menunda-nunda suatu perkara yang baik. Selain itu contoh lainnya dalam menghargai waktu adalah tidak datang terlambat ke kantor atau ke kampus sesuai peraturan yang berlaku.

Dalam hal ini, selain untuk menerapkan kedisiplinan di kantor atau di kampus. Dengan datang ke kantor atau kampus secara tepat waktu juga membantu kita dalam bekerja dan belajar dengan manajemen waktu yang baik. Sehingga waktu yang kita gunakan untuk bekerja dan belajar tidak terbuang sia-sia dan dimanfaatkan dengan baik. Dalam mengerjakan suatu pekerjaan kantor atau tugas kampus kita membutuhkan waktu yang cukup dalam menyelesaikan hal tersebut, namun adakalanya waktu yang telah diberikan belum cukup untuk dapat menyelesaikan tugas tersebut. Hal ini dikarenakan kita kurang memanfaatkan waktu dengan baik, dengan menunda-nunda pekerjaan tugas tersebut tidak dapat diselesaikan pada waktu yang seharusnya.

Untuk dapat terhindar dari masalah tersebut kita harus bersikap menghargai waktu yang kita miliki. Kita dapat memulainya dari hal yang terkecil sekalipun, seperti membiasakan tidur pada waktunya. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup kita dapat bangun pagi tanpa harus terlambat pergi ke kantor atau kampus. Selain itu bagi seorang muslim, kita dituntut untuk mengerjakan ibadah sholat Subuh dipagi hari. Dengan begitu baik ibadah maupun pekerjaan dapat kita selesaikan dengan baik tanpa harus meninggalkannya ataupun tertunda.

Selain itu kunci untuk menuju kesuksesan seseorang adalah salah satunya mampu mengelola dan menghargai waktunya dengan baik. Orang yang sukses tidak akan melakukan suatu hal yang dapat merugikan bagi dirinya. Seorang pengusaha sukses tentu akan melakukan segala cara untuk dapat memberikan keuntungan bagi usahanya. Seperti memanfaat waktu untuk dapat menyelesaikan tugas dari kliennya dengan waktu yang seminim mungkin agar dapat menyelesaikan tugas dari klien lainnya dan memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Berikut beberapa manfaat yang kita dapatkan dengan menghargai waktu dengan baik :
  • Pekerjaan dan tugas-tugas dapat terselesaikan dengan tepat waktu 
  • Mendapat kepercayaan dari rekan atau teman
  • Hidup menjadi lebih teratur
  • Mendapat kesempatan kerja lebih besar
  • Memiliki peluang sukses lebih besar
  • Membuat hidup lebih bahagia dan terhindar dari kecemasan yang berlebihan

Terakhir beberapa tips atau saran yang dapat saya berikan agar kita semua dapat menghargai waktu dengan sebaik-baiknya, diantaranya :
  • Rancang atau susunlah sebuah jadwal kegiatan yang akan anda kerjakan, dengan begitu anda akan lebih memanfaatkan waktu menjadi lebih produktif tanpa terbuang sia-sia.
  • Berkomitmen tinggi untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti tidak melakukan kegiatan diluar jadwal yang telah anda rancang (kegiatan yang negatif).
  • Manfaatkan waktu luang anda dengan melakukan kegiatan yang positif. Gunakan waktu libur anda untuk beristirahat atau berkumpul bersama dengan keluarga.
  • Selalu mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, dengan begitu anda akan selalu mengingat setiap waktu yang anda miliki sangat berharga sebelum kehidupan anda berakhir.

Sekian bahasan saya tentang “Sikap Menghargai Waktu”. Sedikit apapun waktu yang kita miliki merupakan kesempatan yang tak boleh kita sia-siakan. Manfaatkan waktu yang dimiliki dengan mengelola dan menghargai waktu dengan baik agar kita mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Wassalamualaikum wr. wb


Komentar

Postingan Populer