Analisa Tampilan pada Website AdorableProjects

Assalammu’alaikum!!! Lama tak jumpa, setelah postingan saya beberapa bulan yang lalu. Kali ini saya kembali memberikan postingan yang merupakan tugas dari salah satu Mata Kuliah yang sedang saya jalani di Semester Akhir ini (lebih tepatnya Semester 8), yaitu Mata Kuliah Softskill : PENGANTAR KOMPUTASI MODERN (PKM).  Pembahasan saya kali ini, akan membahas tentang tampilan halaman dari sebuah website yaitu “AdorableProjects”.


AdorableProjects adalah merek lokal Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2008 di Bandung. Dan mulai berpartisipasi dalam dunia fashion nasional pada tahun 2009 dengan harapan dan mimpi besar untuk menjadi salah satu merek terbaik di Indonesia. Hal tersebut adalah fokus dari konsentrat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang fashion dari badan hingga kaki, dengan komitmen untuk kepuasan pada persyaratan layanan, dengan desain yang unik, menarik, manis dan kualitas terbaik dari produk buatan tangan.
Dengan memiliki 100 pekerja, dan 20 orang diantaranya merupakan yang terbaik dan terampil dalam seni sepatu pengrajin di Bandung, serta berkonsentrasi pada kualitas terbaik sepatu handmade wanita. AdorableProject selalu berusaha memberikan layanan terbaik dalam hal produk ataupun pelayanan, memenuhi kebutuhan pasa di Indonesia dan menciptakan desain yang unik serta kreatif baru untuk membawa ke depan industri kreatif di Indonesia.

1. Tampilan Website

Halaman Utama (Home Page)


Gambar 1. Tampilan Header Website

Gambar diatas merupakan tampilan halaman utama dari web AdorableProjects. Dimana pada tampilan ini terdapat beberapa menu pada bagian header atau atas seperti What’s New, Shop, Customer Care, Sale, Confirmation Payment dan Collaboration. Serta terdapat menu Login dan Shopping Cart yang terletak di bagian kanan atas.  


Gambar 2. Tampilan Footer Website

Pada bagian footer atau bawah terdapat menu-menu yang juga terdapat pada header yaitu menu About Us, Contact Us, Confirmation Payment dan FAQS. Disertai dengan pintasan ke media sosial milik AdorableProjects lainya seperti  facebook, twitter, dan instagram.
Menu Login berfungsi untuk membuat sebuah akun atau mendaftarkan diri untuk melakukan pemesanan sebagai pelanggan yang telah terdaftar. Untuk melakukan Login, kita diminta memberikan alamat email serta mengisikan form data dari akun yang akan dibuat. Dengan alamat email yang telah kita berikan, segala informasi dan konfirmasi akan dikirimkan melalui email tersebut.
Selanjutnya menu What’s New berisikan daftar produk serta harga dengan kategori produk keluaran terbaru yang di produksi.

Menu Kategori Produk

Dari menu Shop yang berada pada halaman utama. Jika kita mengklik pada menu tersebut, maka akan membuka tampilan halaman baru dimana semua kategori produk tersedia. Kategori produk tersebut antara lain, yaitu Footwear, Bags, Accessories,  dan Clothes. Masing-masing dari kategori tersebut berisi beberapa macam jenis Produk Kategori. Berikut adalah tampilannya :


Gambar 3. Tampilan Halaman Produk

           Dari halaman tersebut juga telah terlampirkan beberapa gambaran produk, nama dan harga dari produk itu sendiri.

Halaman Detail Produk


Gambar 4. Tampilan Halaman Detail Produk

         Untuk mendapatkan informasi mengenai detail produk yang akan kita beli, kita dapat melihat dengan jelas pada halaman produk tersebut saat gambar produk kita klik. Keterangan mengenai gambaran produk, ukuran, dan material bahan produk juga telah terlampirkan. Apabila produk tersebut tidak tersedia, kita dapat mendaftarkan produk tersebut dalam Wishlist. Sehingga website akan mengirimkan informasi mengenai produk tersebut melalui email yang telah kita lampirkan nantinya.

Halaman Shopping Cart


Gambar 5. Tampilan Shopping Cart

Pada saat pelanggan memilih produk yang akan dibeli, maka secara otomatis akan memasukkan daftar produk tersebut kedalam halaman Shopping Cart. Pada tampilan halaman Shopping Cart akan berisi informasi mengenai produk yang akan kita beli, yaitu berupa gambar produk, nama produk, ukuran dan harga. Dimana pada tahapan selanjutnya pelanggan diminta melakukan Login dan mengisi Form Alamat pengiriman untuk menyelesaikan pemesanan.

Halaman Login


Gambar 6. Tampilan Halaman Login

Pada tampilan halaman Login, terdapat dua buah Form yaitu form untuk melakukan registrasi awal dan login. Form registrasi awal yang berada pada sisi kiri, digunakan bagi pelanggan yang baru melakukan registrasi data atau yang belum memiliki akun sebelumnya. Sedangkan form Login yang berada pada sisi kanan digunakan untuk melakukan login pada umumnya, yaitu diperuntukkan bagi pelanggan yang telah memiliki akun atau telah melakukan registrasi sebelumnya.

Halaman Address (Alamat Pengiriman)


Gambar 7. Tampilan Halaman Address

Tahap selanjutnya, setelah pelanggan berhasil melakukan Login. Pelanggan diminta mengisikan form alamat pada halaman Address. Alamat yang diberikan nantinya akan menjadi tujuan pengiriman produk yang dibeli.

Halaman Shipping


Gambar 8. Tampilan Halaman Shipping

 Pada halaman Shipping, pelanggan diminta memilih jenis pengiriman melalui salah satu perusahaan pengiriman yaitu JNE. Terdapat tiga pilihan pengiriman, dimana masing-masing jenis pengiriman memiliki periode pengiriman serta harga yang berbeda, diantaranya :
JNE OKE
JNE Regular
JNE YES

Halaman Payment (pembayaran)


Gambar 9. Tampilan Halaman Pembayaran

Setelah selesai melakukan tahapan pengisian data pengiriman, pelanggan diminta memilih pembayaran melalui bank sesuai dengan pilihan bank yang telah tersedia. Dimana nantinya akan diberikan No. Rekening Bank untuk melakukan pembayaran.

Halaman Confirmation Payment


Gambar 10. Tampilan Halaman Konfirmasi Pembayaran

Tahap akhir untuk melakukan transaksi pada website AdorableProjects adalah melakukan konfirmasi pembayaran. Dengan memberikan konfirmasi serta melampirkan bukti pembayaran berupa gambar.

Halaman Customer Care


Gambar 11. Tampilan Halaman Customer Care

Pada halaman Customer Care, akan menampilkan nomor kontak dari masing-masing kota domisili dimana pelanggan berada, serta jadwal jam kerja jasa layanan tersebut. Customer care atau jasa layanan bagi pelanggan digunakan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk dan informasi lainnya yang tidak dapat diperoleh pelanggan di website.

Halaman FAQ


Gambar 12. Tampilan Halaman FAQ

Pada tampilan halaman FAQ, memberikan informasi mengenai seperti kebijakan, syarat dan ketentuan dan cara pemesanan maupun informasi lainnya dalam menggunakan website tersebut.

2. Analisa Website

    Kelebihan Website

  • Memiliki tampilan website yang cukup sederhana, sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengakses halaman website.
  • Background yang berwarna putih, membuat tampilan produk terlihat lebih jelas.
  • Memiliki kualitas gambar yang baik untuk melakukan perbesaran gambar, sehingga detail produk dapat terlihat dengan baik.
  • Memberikan informasi mengenai detail produk, customer care, pengiriman barang, proses transaksi yang terpadu kepada pelanggan.
  • Dapat diakses dengan mudah baik di PC maupun perangkat mobile.
  • Dapat melakukan pencarian dengan nama produk, daftar produk dapat tersortir dengan beberapa kategori pilihan.
  • Adanya fitur Wishlist sebagai catatan pengingat atau pemberitahuan informasi mengenai ketersediaan produk yang akan di beli.
  • Adanya fitur untuk melakukan konfirmasi pengiriman barang melalui JNE dan konfirmasi pembayaran yang terintegrasi melalui website dan email.
  • Adanya kebijakan, syarat dan ketentuan, FAQ (Frequently Asked Questions) yang memberikan jaminan kepercayaan untuk melakukan transaksi online pada website tersebut.
Kekurangan Website
  • Tidak memiliki fitur Live Chat Support, sehingga pelanggan hanya dapat bertanya melalui Customer Care pada masing-masing Area domisili pelanggan.
  • Beberapa menu tidak berfungsi sebagaimana harusnya, seperti pada Menu Collaboration. Menu Collaboration berfungsi untuk menerima pemesanan produk dengan model sesuai dari permintaan pelanggan, namun terkadang halaman tersebut tidak tersedia.
  • Adanya menu yang sama pada bagian header dengan bagian footer, sehingga kurang efisien.






Komentar

Postingan Populer