Cara Menghadapi Situasi dengan Pekerjaan yang Menumpuk dan Membosankan

Assalammuailakum ^^

Sebelumnya saya pernah membahas tentang “Cara Menggali Potensi dalam Diri Seseorang”. Kali ini, saya kembali akan memberikan bahasan tentang “Cara mengatasi situasi dengan pekerjaan yang menumpuk dan membosankan”.

Berada di lingkungan kerja sangat berbeda dengan lingkungan belajar. Setiap orang memiliki pekerjaan maupun tugasnya yang berbeda-beda. Tidak semua orang memiliki pekerjaan yang sama. Tentunya, ada pula beragam situasi yang dapat terjadi pada saat kita melakukan suatu pekerjaan atau berada dalam lingkungan kerja tertentu.

Misalnya, seorang pegawai yang mendapat tekanan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu tertentu namun dengan jumlah yang terus bertambah. Pekerjaan yang sebelumnya belum dapat diselesaikan, namun kini pekerjaan baru telah menantinya kembali. Pekerjaan yang terbengkalai, perhatian yang terbagi-bagi antara tugas yang satu dengan yang lainnya, kurangnya pemanfaatan waktu untuk mengerjakan suatu tugas. Hal tersebut semakin membuat pekerjaan yang kita miliki kian menumpuk dan akhirnya akan membuat kita stress atau bahkan jatuh sakit.

Untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas yang telah menumpuk, kita harus menghilangkan beban pikiran yang hanya memfokuskan untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut sekaligus. Mulai dari menghilangkan perasaan cemas, gelisah, akan tenggat waktu (deadline) yang telah dekat. Berikut adalah beberapa saran yang dapat saya berikan untuk dapat menghadapi permasalahan pekerjaan yang menumpuk :

1. Tenangkan pikiran anda

Jangan mencoba untuk berpikir terlalu keras, karena hal tersebut hanya akan membuat anda tambah stress atau bahkan tidak dapat berpikir secara logis. Dengan memberikan beban pikiran pada otak yang berlebihan, justru akan membuat anda tidak memiliki solusi yang baik untuk pemecahan masalah yang terjadi.

2. Tuliskan atau tentukan pekerjaan dengan prioritas

Jika anda lupa dengan pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan, tidak ada salahnya dengan menuliskannya dalam sebuah kertas. Semua pekerjaan tersebut tidak dapat anda selesaikan sekaligus. Dari daftar tersebut tentukan pekerjaan penting yang harus di selesaikan. Rencanakan dengan baik, hal-hal apa saja yang akan anda kerjakan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, baik itu sekarang, nanti dan seterusnya. Bila perlu, buat catatan jadwal pekerjaan anda. Sehingga anda dapat melihatnya kembali jika anda lupa harus mengerjakan pekerjaan apa dan kapan atau bagaimana caranya.

3. Istirahat sejenak

Dalam beberapa menit, istirahatkan diri anda dari pekerjaan yang masih menumpuk. Dengan memejamkan mata anda, atau tidur beberapa menit dapat membantu agar tubuh dan pikiran anda menjadi segar. Dengan pikiran yang baik maka pekerjaan anda akan selesai dengan baik juga.

4. Lakukan pekerjaan dengan efisiensi waktu

Dengan pekerjaan yang dapat selesai lebih cepat, juga membantu mengurangi menumpuknya pekerjaan anda. Pekerjaan yang selesai lebih cepat, akan menambah waktu anda untuk dapat menyelesaikan pekerjaan lain dengan cepat juga. Jangan tunda-tunda pekerjaan anda untuk hal yang tidak berguna.

5. Jaga asupan makanan yang bergizi

Untuk dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik, tubuh membutuhkan energi dan gizi yang baik. Jangan lupa untuk selalu makan makanan yang bergizi, dengan tubuh yang kuat, pikiran anda akan menjadi sehat. Pekerjaan tidak akan menjadi terbengkalai karena tubuh yang sakit.

6. Komunikasikan dengan rekan kerja

Jika ada masalah dengan pekerjaan, bicarakan dengan rekan kerja lainnya. Misalnya membahas pekerjaan di sela-sela waktu istirahat makan siang dengan rekan kerja, dapat membantu kita untuk saling tukar pendapat dengan masalah pekerjaan yang dihadapi. Masalah yang terjadi pada pekerjaan dapat segera mendapat solusi pemecahannya.

7. Delegasikan pekerjaan bila memungkinkan

Jika anda memiliki anak buah yang belum cukup mampu untuk diberikan tanggung jawab pekerjaan karena pengalamannya, sehingga anda khawatir akan hasil pekerjaan yang menjadi tidak bagus. Berikan ia kepercayaan untuk mendapat tanggung jawab tersebut dengan melakukan evaluasi berdasarkan kemampuan hasil kerjanya. Mungkin ia belum cukup mampu untuk pekerjaan tersebut, namun jika menunda delegasi pekerjaan tersebut maka pekerjaan tersebut tak akan pernah terbantu olehnya.

Semoga saran atau tips diatas dapat membantu anda dalam menghadapi pekerjaan yang menumpuk dalam lingkungan kerja. Lalu bagaimana menghadapi pekerjaan yang kini mulai membosankan? Ada banyak hal yang bisa anda lakukan, misalnya :

1. Mendengarkan musik

Dengan mendengarkan musik kesukaan anda, dapat membangun suasana yang lebih menyenangkan. Dengan suasana yang menyenangkan anda tidak akan merasa bosan selama bekerja. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan produktivitas bekerja.

2. Membuat minuman atau makanan ringan

Minuman atau makanan cemilan dapat membantu dalam mengatasi rasa bosan saat bekerja. Hal ini dapat meningkatkan mood dan motivasi anda untuk bekerja. Dengan membuat minuman anda sendiri, juga dapat menghabiskan waktu luang anda sejenak.

3. Mengobrol dengan rekan kerja

Memulai pembicaraan santai dengan rekan kerja anda yang terlihat bosan, bukanlah ide yang buruk. Namun tentunya hal ini tidak boleh sampai mengganggu suasana kerja di lingkungan kerja anda. Selain untuk menghilangkan rasa kebosanan anda, hal ini juga dapat membangun interaksi positif dan kerjasama dalam lingkungan kerja.

4. Lawan rasa lelah bekerja dan kembali bekerja

Adakalanya kebosanan yang anda rasakan di lingkungan kerja dikarenakan rasa lelah dan tubuh yang kehilangan energi untuk bekerja. Sehingga rasa bosan datang menghampiri. Untuk dapat melawan hal tersebut, anda dapat membasuh wajah dengan air dingin agar diri anda terbangun dan dapat kembali menyelesaikan pekerjaan anda.

5. Mencari hobi baru

Jika suasana tempat kerja saat itu sedang lenggang dan anda merasa bosan. Anda dapat melakukan hobi seperti membaca buku kesukaan anda, atau bahkan bermain game sekedar untuk mengisi kebosanan anda. Namun perlu diperhatikan kembali, tentang peraturan dan kebijakan kantor mengenai hal tersebut. Dan jangan sampai hal tersebut justru mengganggu pekerjaan anda.

6. Berlibur

Selain melakukan kegiatan di lingkungan kerja, anda juga dapat berlibur ke tempat-tempat yang dapat menghilangkan rasa lelah dalam menghadapi pekerjaan.

7. Mengasah kembali kemampuan anda

Selain melakukan kesenangan ataupun hobi anda untuk mengisi rasa kebosanan, anda juga dapat kembali mengembangkan kemampuan kerja anda. Dengan melakukannya anda juga dapat kembali termotivasi bekerja dan mengembangkan peluang karir kerja anda.

Sekian bahasan saya tentang “Cara mengatasi situasi dengan pekerjaan yang menumpuk dan membosankan”. Jika Anda masih merasakan kebosanan dalam pekerjaan anda, mungkin pekerjaan anda saat ini tidak cocok dengan Anda dan pekerjaan Anda memang membosankan. Atau mungkin sekarang saatnya bagi Anda untuk mencari pekerjaan baru atau lingkungan kerja baru yang lebih baik.

Namun hal tersebut perlu Anda pertimbangkan kembali akibatnya.
Wassalamualaikum wr. wb


Komentar

Postingan Populer