Cara Menghadapi Situasi dengan Pekerjaan yang Menumpuk dan Membosankan
Assalammuailakum ^^
Sebelumnya saya pernah membahas
tentang “Cara Menggali Potensi dalam Diri Seseorang”. Kali ini, saya kembali
akan memberikan bahasan tentang “Cara mengatasi situasi dengan pekerjaan yang menumpuk dan membosankan”.
Berada di lingkungan kerja
sangat berbeda dengan lingkungan belajar. Setiap orang memiliki pekerjaan
maupun tugasnya yang berbeda-beda. Tidak semua orang memiliki pekerjaan yang
sama. Tentunya, ada pula beragam situasi yang dapat terjadi pada saat kita
melakukan suatu pekerjaan atau berada dalam lingkungan kerja tertentu.
Misalnya, seorang pegawai
yang mendapat tekanan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu tertentu namun
dengan jumlah yang terus bertambah. Pekerjaan yang sebelumnya belum dapat
diselesaikan, namun kini pekerjaan baru telah menantinya kembali. Pekerjaan yang
terbengkalai, perhatian yang terbagi-bagi antara tugas yang satu dengan yang
lainnya, kurangnya pemanfaatan waktu untuk mengerjakan suatu tugas. Hal tersebut
semakin membuat pekerjaan yang kita miliki kian menumpuk dan akhirnya akan
membuat kita stress atau bahkan jatuh sakit.
Untuk dapat menyelesaikan
tugas-tugas yang telah menumpuk, kita harus menghilangkan beban pikiran yang
hanya memfokuskan untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut sekaligus. Mulai
dari menghilangkan perasaan cemas, gelisah, akan tenggat waktu (deadline) yang
telah dekat. Berikut adalah beberapa saran yang dapat saya berikan untuk dapat
menghadapi permasalahan pekerjaan yang menumpuk :
1. Tenangkan pikiran anda
Jangan mencoba untuk
berpikir terlalu keras, karena hal tersebut hanya akan membuat anda tambah stress
atau bahkan tidak dapat berpikir secara logis. Dengan memberikan beban pikiran
pada otak yang berlebihan, justru akan membuat anda tidak memiliki solusi yang
baik untuk pemecahan masalah yang terjadi.
2. Tuliskan atau tentukan
pekerjaan dengan prioritas
Jika anda lupa dengan
pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan, tidak ada salahnya dengan menuliskannya
dalam sebuah kertas. Semua pekerjaan tersebut tidak dapat anda selesaikan
sekaligus. Dari daftar tersebut tentukan pekerjaan penting yang harus di
selesaikan. Rencanakan dengan baik, hal-hal apa saja yang akan anda kerjakan
untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, baik itu sekarang, nanti dan
seterusnya. Bila perlu, buat catatan jadwal pekerjaan anda. Sehingga anda dapat
melihatnya kembali jika anda lupa harus mengerjakan pekerjaan apa dan kapan
atau bagaimana caranya.
3. Istirahat sejenak
Dalam beberapa menit, istirahatkan
diri anda dari pekerjaan yang masih menumpuk. Dengan memejamkan mata anda, atau
tidur beberapa menit dapat membantu agar tubuh dan pikiran anda menjadi segar. Dengan
pikiran yang baik maka pekerjaan anda akan selesai dengan baik juga.
4. Lakukan pekerjaan dengan
efisiensi waktu
Dengan pekerjaan yang dapat
selesai lebih cepat, juga membantu mengurangi menumpuknya pekerjaan anda. Pekerjaan
yang selesai lebih cepat, akan menambah waktu anda untuk dapat menyelesaikan
pekerjaan lain dengan cepat juga. Jangan tunda-tunda pekerjaan anda untuk hal
yang tidak berguna.
5. Jaga asupan makanan yang
bergizi
Untuk dapat mengerjakan
pekerjaan dengan baik, tubuh membutuhkan energi dan gizi yang baik. Jangan lupa
untuk selalu makan makanan yang bergizi, dengan tubuh yang kuat, pikiran anda akan
menjadi sehat. Pekerjaan tidak akan menjadi terbengkalai karena tubuh yang
sakit.
6. Komunikasikan dengan rekan
kerja
Jika ada masalah dengan
pekerjaan, bicarakan dengan rekan kerja lainnya. Misalnya membahas pekerjaan di
sela-sela waktu istirahat makan siang dengan rekan kerja, dapat membantu kita
untuk saling tukar pendapat dengan masalah pekerjaan yang dihadapi. Masalah
yang terjadi pada pekerjaan dapat segera mendapat solusi pemecahannya.
7. Delegasikan pekerjaan bila memungkinkan
Jika anda memiliki anak buah yang belum cukup mampu untuk diberikan tanggung jawab pekerjaan karena pengalamannya, sehingga anda khawatir akan hasil pekerjaan yang menjadi tidak bagus. Berikan ia kepercayaan untuk mendapat tanggung jawab tersebut dengan melakukan evaluasi berdasarkan kemampuan hasil kerjanya. Mungkin ia belum cukup mampu untuk pekerjaan tersebut, namun jika menunda delegasi pekerjaan tersebut maka pekerjaan tersebut tak akan pernah terbantu olehnya.
Semoga saran atau tips diatas
dapat membantu anda dalam menghadapi pekerjaan yang menumpuk dalam lingkungan
kerja. Lalu bagaimana menghadapi pekerjaan yang kini mulai membosankan? Ada
banyak hal yang bisa anda lakukan, misalnya :
1. Mendengarkan musik
Dengan mendengarkan musik
kesukaan anda, dapat membangun suasana yang lebih menyenangkan. Dengan suasana
yang menyenangkan anda tidak akan merasa bosan selama bekerja. Hal ini juga
dapat membantu meningkatkan produktivitas bekerja.
2. Membuat minuman atau makanan
ringan
Minuman atau makanan cemilan
dapat membantu dalam mengatasi rasa bosan saat bekerja. Hal ini dapat meningkatkan
mood dan motivasi anda untuk bekerja. Dengan membuat minuman anda sendiri, juga
dapat menghabiskan waktu luang anda sejenak.
3. Mengobrol dengan rekan
kerja
Memulai pembicaraan santai
dengan rekan kerja anda yang terlihat bosan, bukanlah ide yang buruk. Namun tentunya
hal ini tidak boleh sampai mengganggu suasana kerja di lingkungan kerja anda. Selain
untuk menghilangkan rasa kebosanan anda, hal ini juga dapat membangun interaksi
positif dan kerjasama dalam lingkungan kerja.
4. Lawan rasa lelah bekerja
dan kembali bekerja
Adakalanya kebosanan yang
anda rasakan di lingkungan kerja dikarenakan rasa lelah dan tubuh yang
kehilangan energi untuk bekerja. Sehingga rasa bosan datang menghampiri. Untuk dapat
melawan hal tersebut, anda dapat membasuh wajah dengan air dingin agar diri
anda terbangun dan dapat kembali menyelesaikan pekerjaan anda.
5. Mencari hobi baru
Jika suasana tempat kerja
saat itu sedang lenggang dan anda merasa bosan. Anda dapat melakukan hobi
seperti membaca buku kesukaan anda, atau bahkan bermain game sekedar untuk
mengisi kebosanan anda. Namun perlu diperhatikan kembali, tentang peraturan dan
kebijakan kantor mengenai hal tersebut. Dan jangan sampai hal tersebut justru
mengganggu pekerjaan anda.
6. Berlibur
Selain melakukan kegiatan
di lingkungan kerja, anda juga dapat berlibur ke tempat-tempat yang dapat
menghilangkan rasa lelah dalam menghadapi pekerjaan.
7. Mengasah kembali kemampuan
anda
Selain melakukan kesenangan
ataupun hobi anda untuk mengisi rasa kebosanan, anda juga dapat kembali
mengembangkan kemampuan kerja anda. Dengan melakukannya anda juga dapat kembali
termotivasi bekerja dan mengembangkan peluang karir kerja anda.
Sekian bahasan saya tentang
“Cara mengatasi situasi dengan pekerjaan yang menumpuk dan membosankan”. Jika Anda
masih merasakan kebosanan dalam pekerjaan anda, mungkin pekerjaan anda saat ini
tidak cocok dengan Anda dan pekerjaan Anda memang membosankan. Atau mungkin
sekarang saatnya bagi Anda untuk mencari pekerjaan baru atau lingkungan kerja
baru yang lebih baik.
Namun hal tersebut perlu
Anda pertimbangkan kembali akibatnya.
Wassalamualaikum wr. wb
Komentar
Posting Komentar