WEB SCIENCE
Definisi Web Science
Pengertian Web Science terdiri
dari dua kata, yaitu kata Web yang berarti suatu jaringan atau sistem yang ada
pada internet sehingga menghubungkan penggunanya untuk dapat saling bertukar
informasi baik berupa teks, gambar, suara, video maupun gabungan dari semuanya.
Web atau Website merupakan suatu halaman informasi yang dapat diakses oleh berbagai pengguna melalui akses internet.
Sedangkan kata Science mengartikan ilmu pengetahuan yang terus berkembang
sehingga berlaku universal dan teruji dengan hasilnya. Science juga diartikan
dengan suatu aktivitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia yang
dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar serta keinginan untuk
memahami suatu hal.
Sehingga yang dimaksud dengan Web
Science adalah sebuah ilmu yang berisi tentang metode untuk menampilkan suatu
informasi kedalam sebuah halaman yang terhubung dengan jaringan internet melalui
sebuah browser sehingga informasi tersebut dapat tersalurkan dan berguna bagi
penggunanya dengan baik. Didalam Web Science kita juga mempelajari tentang
pemanfaatan tujuan dari sebuah Web itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari.
Sejarah Web
Seiring waktu berjalan
perkembangan Web mengalami perubahan dan peningkatan dalam penggunaan
teknologinya. Bermula dari hasil pemikiran seorang ilmuwan bernama Tim Berners
Lee, tentang bagaimana cara bagi para ilmuwan untuk dapat mengakses berbagai
data dan informasi yang dibutuhkan dari masing-masing komputer yang ada dengan
saling terkoneksi dari satu komputer ke komputer lainnya. Tim yang bekerja di
CERN (Centre Européenne Recherche Nucleaire) atau yang dikenal dengan European Laboratory
for Particle Physics, bersama-sama dengan peneliti lainnya mulai
mengembangkan HyperText Markup Language pertama pada lingkungan komputer NeXT
dan pada akhir tahun 1990 web browser pertama yaitu World Wide Web (www)
dipublikasikan pertama kali secara umum.
Penggunaan teknologi Web
yang berkembang pesat juga dirasakan hampir setiap orang diberbagai bidang.
Bahkan teknologi Internet dan Web semakin menjadi bagian dari hidup masyarakat
saat ini. Baik dibidang pendidikan, karir, hiburan bahkan sarana media sosial
antar kalangan.
Berikut beberapa tahapan
dalam perkembangan Web :
1. Pre
Web: Memex, Hypertext, Internet, Usenet, Ftp, Gopher
Pre-Web
merupakan era dimana prototype seperti Memex, Hypertext, Usenet, FTP dan Gopher
muncul sebelum kemudian berkembang menjadi Internet.
·
Memex (Memory Extender)
Memex merupakan sebuah mesin mekanis
yang mampu menyimpan berbagai bentuk informasi dan melakukan pengambilan
informasi. Secara fisik Memex terdiri dari sebuah meja yang dilengkapi dengan
layar, keyboard, tombol dan pengungkit (lever) serta tempat penyimpanan
microfilm. Menurut Vannevar Bush dalam sebuah essay yang dipublikasikan pada
The Atlantic Monthly yang berjudul “As We May Think” ia membahas tentang konsep dari sebuah mesin
teoritis (Memex) yang memanfaatkan teknologi microfilm sebagai media
penyimpanannya dimana informasi yang tersimpan tersebut dapat diakses dengan
cepat dan ditampilkan melalui layar yang disediakan. Sehingga user akan
mendapatkan informasi yang ia butuhkan saat mengetikan kodenya di keyboard.
Selain fitur yang dapat menghubungkan dokumen-dokumen dari berbagai pengguna,
pengguna dapat merekam informasi baru mengenai microfilm, dengan mengambil foto
dari kertas atau dari layar sentuh sensitif tembus. Konsep Memex tersebut mempengaruhi
perkembangan awal dari sistem HyperText yang nantinya berkembang menjadi World
Wide Web dan perangkat lunak basis pengetahuan pribadi.
·
HyperText
HyperText adalah teks yang ditampilkan
pada layar komputer atau perangkat elektronik lainnya dengan referensi silang
(disebut hyperlink) ke teks lain yang dapat langsung diakses oleh pengguna (ke
dokumen lainnya), dengan meng-klik mouse, urutan menekan tombol atau sentuhan
pada layar. Selain berisikan teks, hypertext juga dapat digunakan untuk
menggambarkan tabel, gambar dan bentuk konten presentasi dengan hyperlink.
Hypertext biasa digunakan secara luas pada Internet, Intranet serta pada CD-ROM
aplikasi multimedia. Web merupakan hypertext yang ada di Internet karena hampir
disetiap halamannya termasuk terhubung (link) ke halaman lain dan teks serta
gambar didalamnya dapat digunakan sebagai link ke konten yang lain.
Dokumen Hypertext didasarkan pada dan
dibuat dalam bahasa-bahasa pemrograman markup yang dirancang khusus untuk
memberi struktur dokumen pada jaringan. Bahasa markup yang paling umum adalah
Standard Generalized Markup Language (SGML). Namun dokumen hypertext di
Internet diciptakan dalam jenis bahasa markup yang lebih khusus yaitu Hypertext
Markup Language (HTML). Didalam HTML, setiap tag yang tertanam didalam teks
digunakan untuk menentukan bagaimana pandangan pengguna dokumen dalam browser.
Hypertext memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan pengguna lain dan memiliki
pengalaman yang berbeda dengan set informasi, link, dan media-semua dari titik
awal yang sama.
·
Internet
Internet adalah sistem global jaringan
komputer yang saling berhubungan menggunakan standar Internet Protocol suite
(TCP/IP) sehingga dapat mengakses data dan informasi dari berbagai situs di
seluruh dunia. Internet merupakan jaringan yang terdiri dari jutaan orang, dari
berbagai bidang dan kalangan yang saling terhubung melalui teknologi jaringan
elektronik, nirkabel dan optik. Internet juga dapat memungkinkan pengguna
komputer untuk dapat mengakses remote komputer lain dan menyimpan informasi
dengan mudah, dimanapun mereka berada (selama mereka terhubung dalam jaringan
Internet itu sendiri). Hal tersebut juga yang memicu adanya berbagai tindak
kriminalitas di dalam penggunaan Internet.
·
Usenet
Usenet (User Network) adalah sistem
Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari
arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama. Mahasiswa pascasarjana
Universitas Duke bernama Tom Truscott dan Jim Ellis mencetuskan idenya pada
tahun 1979 untuk selanjutnya membangun sistem ini pada tahun 1980. Pengguna
membaca dan mengirim pesan umum (disebut artikel atau posting, dan secara
kolektif disebut berita) ke satu kategori atau lebih yang disebut newsgroup.
Usenet menyerupai Bulletin Board System (BBS) dalam banyak hal, dan merupakan
awal dari berbagai forum Internet yang banyak digunakan saat ini, secara kasar
dapat dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan forum web.
·
FTP
FTP (File Transfer Protocol) adalah
sebuah protokol yang digunakan untuk melakukan standar pengiriman berkas (file)
komputer antar mesin-mesin dalam sebuah antar jaringan. FTP merupakan salah
satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan dan masih digunakan sampai
saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan pengunggahan (upload)
berkas-berkas komputer antara klien
FTP dan server FTP. FTP modern mulai
diperkenalkan pada Juni tahun 1980. Pada masa ini pulalah TCP/IP diciptakan.
FTP menggunakan protokol TCP
(Transmission Control Protokol) untuk komunikasi data antara klien dan server,
sehingga sebelum pengiriman data dimulai dia antara kedua komponen tersebut
akan dibuat sebuah sesi komunikasi.
·
Gopher adalah aplikasi TCP/IP protokol
layer yang dirancang untuk mendistribusikan, mencari dan mengambil dokumen
melalui Internet. Pada masanya, Gopher sangat berorientasi pada desain menu
dokumen sehingga dijadikan alternatif protokol untuk World Wide Web, namun
akhirnya gagal dan digantikan oleh HTTP yang menjadi protokol dominan.
Diciptakan dari sebuah tim yang dipimpin
oleh Mark P. McCahill di University of Minnestova, protokol ini menawarkan
beberapa fitur yang tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hirarki yang
lebih kuat pada informasi yang tersimpan didalamnya. Pada revisi Gopher yang
lebih baru, ditambahkan
dukungan klien grafis untuk multimedia.
2. Web
1.0, Web 2.0, Web 3.0
·
Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama
yang secara umum dikembangkan untuk mengakses informasi dengan sifat yang
sedikit interaktif. Secara garis besar, sifat Web 1.0 adalah ‘Read’. Sehingga
peran pengguna umumnya hanya dapat membaca informasi yang telah tersedia namun
belum bisa untuk melakukan pencarian informasi yang diinginkan.
·
Web 2.0
Merupakan generasi kedua dari teknologi
Web yang lebih mengarah pada pengembangan sistem didalam menggunakan platform
web. Diperkenalkan pertama kali oleh O’Reilly Media, tahun 2003 dan populer
pada tahun 2004. Pada generasi kedua ini, terjadi revolusi bisnis di dalam
industri komputer akibat pergerakkan internet sebagai platform. Sifat Web 2.0 adalah ‘Read-Write’.
Perkembangan Web generasi kedua ini lebih menekankan pada jaringan sosial, wiki
dan perangkat komunikasi yang mengacu pada kolaborasi online serta berbagi
informasi. Pada era inilah, konsep tentang blog, media sosial, video streaming
dan komunitas online yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi dari
pengguna lainnya bermunculan.
·
Web 3.0
Atau yang biasa disebut Semantic Web,
adalah Web yang selain tidak hanya menggunakan bahasa yang dapat dimengerti
manusia, tetapi dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh komputer
itu sendiri (software agents). Dalam hal ini, interaksi dengan mesin pencari
pada Web menjadi salah satu contohnya.
3. Pertumbuhan
Sosial dan Ekonomi
Pertumbuhan sosial di era teknologi saat
ini, sangat terbantu dengan adanya kecanggihan dunia teknologi yang berkembang
pesat. Dalam melakukan aktifitas, masyarakat dapat menjadi lebih mudah,
efisien, dan cepat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya untuk
memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Selain itu, dalam hal komunikasi antar
individu maupun kelompok komunitas menjadi lebih fleksibel dan mudah. Seperti
dengan melakukan chatting, mengirim gambar atau suara maupun video call.
Dalam pertumbuhan Ekonomi, internet
dapat menjadi sarana promosi untuk memperkenalkan suatu produk maupun jasa
kepada para pengguna. Hal seperti inilah yang sering kita temui, yaitu
munculnya sistem jual beli online yang jangkauannya meliputi pasar dunia. Meski
bagi beberapa kalangan sistem transaksi yang digunakan pada jual-beli online
ini terlihat kurang terjamin keamanannya. Namun hal ini tetap tidak menjadi
kendala bagi konsumen untuk tetap melakukan transaksi, karena dengan kemudahan
yang diberikan untuk mendapatkan barang tersebut.
4. Metodologi
Web Science
Web
Science merupakan kajian sains dari Web yang lahir dari desentralisasi sistem
informasi. Pada Web Science dibutuhkan pemahaman tentang Web serta fokus pada pengembangan
terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat disadari bahwa World
Wide Web adalah teknologi yang baru berusia beberapa tahun, di sisi lain Web
adalah bukan dunia yang statis tetapi super dinamis. Mengacu dari kondisi
tersebut, maka kajian mengenai Web Science melibatkan pada bagaimana keilmuan
ini melakukan pendekatan metodologi. Kontribusi terhadap pengembangan adalah
tujuan utama dari Web Science. Adanya web science menekankan pada perkembangan
Web itu sendiri dan pengembangannya, mendukung untuk ubiquity, mobility, new
media dan meningkatnya jumlah data yang tersedia secara online. Karena web
bersifat sosial, maka privasi harus dikedepankan demi menjaga kerahasiaan
pribadi.
Sekian
pembahasan dari saya kali ini, semoga bermanfaat bagi pembacanya.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar